Berbagi Project - Aplikasi Email dengan PHP & MYSQL

Di kehidupan kita saat ini hampir seluruh kegiatan berkomunikasi di internet dilakukan via surat elektronik atau yang lebih dikenal dengan email, di era sekarang, email memiliki peranan yang amat penting dalam kegiatan sosial dan kegiatan ekonomi yang mampu menghubungkan pengguna tanpa batas jarak, waktu dan ruang yang berarti. 
Email merupakan media komunikasi yang cepat dan aman dan prosesnya cukup instan alias tak banyak memakan waktu dan tempat (misalnya, dulu orang harus butuh kertas, pulpen belum lagi ke kantor pos hanya untuk berkiriim surat)
Email diprogram supaya pengguna dapat saling bertukar informasi dalam bentuk pesan atau file bagi pengguna yang telah terdaftar di server email itu sendiri.
Email bahkan juga dilengkapi fitur-fitur agar pengguna dapat saling transfer gambar, video, mp3, dan sebagainya. Meskipun dibatasi dengan ukuran dan jenis file tertentu, email untuk kegiatan bisnis terkadang tidak membatasi akses penggunanya, misalnya google mail for business-nya Google yang mulai dimanfaatkan oleh para pebisnis.
Pada aplikasi email umumnya, seorang calon pengguna dapat mendaftarkan dirinya dengan melakukan registrasi, kemudian mereka bisa login dengan user id dan password yang telah disediakan, aplikasi email juga memberi akses kepada pengguna berupa kemudahan dalam menyesuaikan profil dan mengganti tema di halaman email pengguna.
Sistem email harus memiliki beberapa fungsi berikut:
1.      Menulis pesan
2.      Mengirim pesan
3.      Menerima pesan
4.      Menyimpan pesan dalam bentuk draf
5.      Menampilkan ditel pesan yang diterima
6.      Menyimpan id email di daftar kontak
7.      Diamankan dengan password
8.      Password recovery

Tujuan Project 

Hampir semua lini bisnis menggunakan email sebagai cara berkomunikasi yang efektif dengan klien, rekan maupun pelanggan. Itulah mengapa para profesional harus mengetahui sistem email, memahami cara kerjanya, bagaimana menciptakan sistem email yang di hosting sendiri, dan cara-cara teknis lainya.
guna kepentingan pengetahuan teknis tersebut, oleh sebab itu blog ini menyediakan project php gratis berupa source code dan beberapa file pendukung, silahkan unduh project nya dan modifikasi lah sekreatif anda.
Belajar melalui source code cukup mudah dan efektif, karena anda akan langsung mengetahui cara kerja aplikasi dan bagaimana sistem nya berjalan, tapi sebelum itu anda harus mengerti dasar-dasar php dan mysql.

Teknologi yang digunakan

Front end : HTML, CSS, JAVASCRIPT
Back End  : PHP, MYSQL

Software yang diperlukan(pilih salah satu)

·         WAMP Server
·         XAMPP Server
·         MAMP Server
·         LAMP Server

Langkah-langkah instalasi

1.    Unduh file RAR nya.
2.    Ekstrak dan taruh di c:/wamp/www.
3.    Silahkan ganti nama folder aplikasi, 
misalnya ganti dengan nama mailserver
4.    Buka phpmyadmin, buat database mailserver.
5.    Impor mailserver_db.sql yang
ada di folder aplikasi.
6.    Buka browser dan ketikkan di browser:
http://localhost/mailserver/

Klik  DOWNLOAD  Untuk Mengunduh Project
SHARE

About Jaka's TechnoBytes

    Blogger Comment
    Facebook Comment

3 komentar: