Cara Menambahkan Tulisan pada Foto - Menggunakan Aplikasi Mobile, Online / Software PC

Berfoto untuk sebagian besar orang seperti sudah jadi kebiasaan yang harus dilakukan, kapanpun dan dimanapun mereka, tidak menjadi halangan bagi mereka untuk berfoto ria baik itu menggunakan smartphone atau kamera biasa. Berbagai cara pengambilan foto pun bermunculan, ada trend mengambil foto diri sendiri tanpa bantuan orang lain atau biasa disebut selfie misalnya, dan ada pula yang namanya gruvi serta berbagai cara dan istilah lainnya.

Umumnya foto-foto itu selalu diupload ke media sosial dengan berbagai alasan. agar kelihatan keren dan cantik di media sosial biasanya mereka meng-edit foto-foto itu sebelum diupload,  lalu ada pula yang menambahkan tulisan atau teks untuk memperjelas momen yang diabadikan pada foto tersebut. Lantas bagaimana cara menambahkan tulisan atau teks itu pada foto saya? aplikasi apa yang dibutuhkan selain photoshop yang ribet dan terlalu banyak fitur? LiniTekno akan membahasnya dalam artikel ini..

3 Cara Menambahkan Tulisan pada Foto

Menggunakan Aplikasi Mobile [iOs dan Android]

Ada begitu banyak aplikasi-aplikasi mobile gratis dan berbayar di Playtore, App Store dan Windows Store yang dapat digunakan untuk menambahkan tulisan pada foto, bahkan juga dapat digunakan untuk mengedit foto. disini saya merekomendasikan lima aplikasi terbaik berikut yang mana fitur-fitur didalamnya sangat bagus serta dapat digunakan pada perangkat Android, iOs dan Windows Phone:

1. Phonto

Phonto adalah aplikasi mobile gratis yang memilikki ragam fitur keren untuk memperindah foto Anda dengan teks atau tulisan. Phonto memilikki font-font yang cantik, banyak pilihan dan mudah dikustomisasi. Phonto memilikki fitur balon teks, plakat teks dan lencana teks. Memilikki koleksi stiker yang banyak, seperti: stiker bintang, stiker hati dan lainya yang dapat disisipkan kedalam foto dengan beragam warna dan style.


Kita juga bisa membuat teks menggunakan stensil dan mendesain teks foto dengan efek yang keren. Phonto sangat mudah digunakan dan simpel cara kerjanya.

Download aplikasi Phonto untuk iOs dan Android

Download APK Aplikasi Phonto disini

2. Word Swag

Word Swag adalah salah satu aplikasi mobile terbaik yang dapat digunakan untuk menambahkan tulisan pada foto atau gambar yang diinginkan. dengan Word Swag, Anda juga dapat memberi efek pada foto agar tampak realistik dan cantik. Word Swag memilikki 3 icon  kontrol untuk mempermudah user menggunakan aplikasi ini:
  • icon pertama, untuk mengubah style
  • icon kedua berisi kumpulan warna
  • icon ketiga mengontrol transparansi dan kecerahan background foto

Sayangnya guys, Word Swag tidak tersedia gratis, dan hanya dapat digunakan di iPhone, harganya $3.99.

Download Word Swag untuk iOs

3. PicLab

PicLab ini adalah aplikasi pengedit foto yang mempunyai berbagai macam kemudahan dalam penggunaan elemen tipografi dengan tampilan yang menawan dan font yang dekoratif bersama dengan efek filter yang mudah diaplikasikan pada foto. PicLab terdiri dari koleksi masif font built-in, seperti aplikasi pengedit foto umumnya, pengguna dapat me-resize, me-rotasi dan mengatur tingkat kecerahan foto menggunakan aplikasi ini. Dan yang terpenting buat kita, dengan aplikasi ini kita dapat menambah tulisan di foto, dengan memanfaatkan text layer pengguna dapat menggabungkan jenis font untuk memperoleh efek yang lebih keren.
Aplikasi ini juga dilengkapi tool 'pencil' yang bisa Anda gunakan untuk membuat coretan atau gambar dengan sentuhan jemari Anda. PicLab memilikki dua versi, yaitu versi gratis dan berbayar, versi berbayar hanya ada untuk iOs, seharga $1.99.

Download PicLab untuk iOs, Android dan Windows Phone


Download APK Aplikasi PicLab disini

4. Over


Over merupakan salah satu aplikasi mobile terbaik yang memilikki tool artistik dan efek yang menawan untuk mempercantik atau mengedit foto secara cepat dan mudah. Aplikasi Over disebut sebagai salah satu utilitas 'mobile font' paling fleksibel dengan salah satu fungsi utamanya menyisip teks atau tulisan pada foto.




Download Over untuk iOs dan Android

Download APK Aplikasi Over disini

5. Typic

Typic terdiri dari tiga versi, yaitu: Free, Plus dan Kids. Anda dapat menggunakan versi gratis Typic kemudian membeli versi pro nya apabila Anda menyukai fitur-fitur Typic. Aplikasi ini mempunyai koleksi 'editing card' bersama 'sample font' yang disertai fitur pengatur 'size' dan 'drop shadow'.



Download Typic untuk iOs

Menggunakan Aplikasi Online


PicMonkey adalah aplikasi online yang digunakan untuk mengedit foto. Tidak hanya untuk menyisipkan tulisan kedalam foto, PicMonkey juga memilikki fitur pengedit foto yang terdiri dari fitur paling dasar hingga 'advance'. aplikasi ini berbayar, hanya gratis selama 30 hari tral.

2. Pixlr

Pixlr adalah salah satu aplikasi online terbaik dengan memilikki sekitar 600 efek, overlay dan border. aplikasi online ini dapat digunakan gratis.

3. Ribbet

Ribbet adalah salah satu aplikasi online yang multifungsi, dari teks editing hingga foto editing. upload foto Anda, beri teks atau tulisan yang Anda inginkan lalu simpan kedalam drive.


Picfont juga merupakan salah satu aplikasi online terbaik dengan beragam fitur dan kemudahan. 


Lunapic terdiri dari banyak pilihan editing yang menawarkan hasil yang luarbiasa pada foto. cara menggunakan nya cukup mudah dan sederhana.

Menggunakan Software PC

1. Gimp

GNU Image Manipulation Program atau yang lebih dikenal dengan sebutan GIMP adalah perangkat lunak Open Source untuk manipulasi grafik berbasis raster. Software GIMP dapat digunakan di Windows, Linux atau OS X. GIMP memiliki fitur-fitur yang mrip dengan photoshop, jadi, bagi Anda yang terbiasa dengan photoshop akan mudah dalam menggunakan aplikasi ini. untuk menambahkan teks atau tulisan pada foto, Anda cukup mengklik tool TEXT kemudian memilih area foto yang akan diberi tulisan, selain itu Anda juga dapat memanipulasi teks dengan memberi warna, style dan lainnya.


2. PhotoScape



Photoscape adalah perangkat lunak editor citra yang dikembangkan oleh MOOII Tech, Korea. Konsep dasar PhotoScape adalah "Mudah dan Menyenangkan" Sehingga memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mengedit foto yang diambil dari kamera digital atau kamera ponsel. PhotoScape menyediakan antarmuka pengguna sederhana untuk melakukan tambahan foto umum termasuk penyesuaian warna, memotong, mengubah ukuran, percetakan, animasi GIF dan yang terpenting adalah menambahkan tulisan pada foto.

Photoscape hanya tersedia untuk Microsoft Windows dan tidak tersedia untuk Mac atau Linux. Bahasa default adalah bahasa Inggris dan Korea, dengan paket bahasa tambahan yang tersedia untuk di-download.






3. Phoxo



Phoxo adalah perangkat lunak editor citra yang digunakan untuk pengeditan foto di tingkat dasar. Phoxo memilikki koleksi 'clipart' yang banyak dan dapat di unduh gratis di website resmi nya.


Itulah beberapa Cara mudah Menambahkan Tulisan pada Foto - Menggunakan Aplikasi Mobile, Online atau Software PC. Semoga menambah pengetahuan dan memperoleh manfaat.

SHARE

About Jaka's TechnoBytes

    Blogger Comment
    Facebook Comment

3 komentar:

  1. mkasih Gan lagi pilih pilih neh buat edit Photo, pngen kembali ke duinia blogger ^_^

    BalasHapus
  2. suka banget kalau lagi edit tulisan terus banyak model fontnya :D , btw ada yg tau tempat download font yang banyak macamnya dan keren?

    BalasHapus