Makna Logo Baru Mozilla

Tahun lalu, Mozilla, perusahaan internet yang utamanya dikenal dengan peramban Firefox miliknya, memulai proses rebranding dengan membiarkan masyarakat memberikan masukan dan komentar terkait logo baru yang hendak mereka gunakan.

Mozilla memberikan beberapa opsi logo baru dan meminta orang-orang yang peduli untuk memberikan komentar dan membantu mereka memilih. Sekarang, Mozilla meresmikan logo baru. Menurut laporan CNET, perubahan logo ini merupakan pengingat bahwa Mozilla tidak sekedar membuat peramban internet.
Seperti yang dapat sobat lihat pada gambar di atas, logo baru dari Mozilla mengganti huruf "ill" pada namanya menjadi titik dua dan dua garis miring yang akan membentuk alamat situs. Dalam sesi komentar, dijelaskan bahwa logo ini -- Design Route D -- berarti internet yang bebas dan terbuka. 
Dalam blog post yang mengumumkan logo baru ini, Mozilla kembali menekankan prinsip itu dan menyebutkan keinginan mereka untuk membuat orang mengerti merek Mozilla. Logo yang terpilih ini merupakan salah satu logo yang paling sederhana. 

"Logo kami yang menunjukkan pengakuan terhadap bahasa URL memperkuat prinsip bahwa internet adalah hati dari Mozilla. Kami memegang teguh komitmen bahwa tautan merupakan awal dari pengalaman tanpa gangguan ke konten internet yang kaya," kata Mozilla menjelaskan, seperti yang dikutip dari TechCrunch.
Logo baru Mozilla ini didesain oleh Typotheque, studio desain pertama yang merilis font berbasis web di era awal keberadaan internet. Logo baru Mozilla menekankan bahwa internet adalah prioritas utama Mozilla. Hal ini dirasa penting karena beberapa tahun belakangan, Mozilla seolah melupakan hal itu karena mereka berusaha untuk meningkatkan pangsa pasar di sistem operasi mobile. 

Mengingat Mozilla adalah organisasi nirlaba, mereka akan membantu para pesaingnya untuk tetap jujur dan terbuka. Meskipun Firefox tidak menguasai pangsa pasar seperti dulu, ia tetaplah merupakan bagian penting dari ekosistem internet yang terbuka.

SHARE

About jaka kelana

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment