Cara Melindungi USB / Flashdisk dengan Password

Halo sobat, di artikel kali ini kita akan bahas cara melindungi USB/flashdisk dengan password. Flashdisk telah biasa digunakan untuk mentransfer data dari satu komputer ke komputer lain, karena perangkat ini  berukuran sama (kecil dan portable) dan mampu menyimpan data dalam GB. 

Selain untuk menyimpan dan mentransfer data, flashdisk juga bisa digunakan untuk booting sistem operasi (Windows, Linux, dll). Tapi bagaimana kalau seseorang mencuri flashdisk Anda?? harga flashdisk memang tidak lebih berharga dari data yang tersimpan didalamnya.


Maka, untuk mencegah data penting Anda dicuri orang lain, Anda harus memproteksi flashdisk Anda dengan sistem proteksi yang tidak mudah dibobol. sistem proteksi ini dibuat dengan aplikasi pihak ketiga yang cukup terbukti manfaatnya.



USB Security

Aplikasi ini sangat bagus untuk melindungi data flashdisk, USB Security memproteksi USB Anda dengan password. Aplikasi dapat digunakan gratis selama 30 hari, setelah itu pengguna harus membayar lisensi.

Untuk menggunakan USB Security, ikutilah tutorial berikut:

1. Download Aplikasinya disini
2. Setelah itu instal aplikasinya, klik Accept untuk melanjutkan instalasi 
3. Pilih flashdisk yang akan diproteksi, klik Install, klik finish jika instalasi selesai


4. Tentukanlah password yang akan Anda gunakan, isi kolom hint (opsional) untuk mengingat password jika lupa password.


5. Harap diperhatikan apakah password diketik dengan huruf besar atau huruf kecil. Apabila sudah yakin dengan password yang Anda entri kan, klik tombol Protect.

6. Selanjutnya semua data akan di copy ke partisi rahasia dan diamankan dengan password oleh USB Security. untuk mengembalikan data, jalankan file USBsecurity.exe yang berada di flashdisk Anda dengan mengentri-kan password yang Anda bikin sendiri.


Masalah dan Solusi

Q. Bagaimana mengembalikan data, jika file USBsecurity.exe nya terhapus?

A. Mudah saja! Copy file USBsecurity.exe dan paste kan kedalam flashdisk, klik USBsecurity.exe nya, entri kan password kemudian klik Unprotect this drive

Q. Bagaimana kalau file USBsecurity nya tidak ada di PC saya?

A. Downlod lagi aplikasi nya melalui link yang tersedia artikel ini!!

Q. Bagaimana menghapus instalasi USBsecurity dari flashdisk saya?

A. Klik USBsecurity.exe, entri kan password Anda, kemudian klik tombol Unprotect this drive, selanjutnya klik tombol Uninstall


Aplikasi Alternatif yang bisa Anda gunakan:

1. Truecrypt

2. Rohos Mini Drive

3. Comodo Disk Encryption

4. Diskcryptor

5. USB Safeguard

Jika ada keraguan, masalah atau pertanyaan dalam menginstal aplikasi ini silahkan tinggalkan komentar Anda sob!..
SHARE

About Jaka's TechnoBytes

    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar: