Review Sony Xperia Z3 Plus Dan Z3 Plus Dual Terbaru 2015

Satu lagi smartphone terbaru dari Sony yang menyasar kalangan premium yaitu Sony Xperia Z3 Plus. Sebenarnya ponsel ini merupakan Sony Xperia Z4 yang diperkenalkan di Jepang beberapa waktu yang lalu, jadi hampir tak ada perubahan spesifikasi dan desain yang dibawa smartphone ini. Namun kali ini Sony merilis versi dual sim, sehingga bisa menjadi pembeda dan nilai tambah untuk menarik minat konsumen yang selama ini mencari smartphone premium berfitur dual sim.


Spesifikasi hardware terbaik sudah dimasukan kedalam Xperia Z3 Plus dan Z3 Plus Dual. Smartphone ini mengadopsi processor Qualcomm MSM8994 Snapdragon 810 yang dikenal sebagai salah satu processor tercepat ditahun 2015. Komposisi spesifikasi hardware yang dimasukan kedalam Xperia Z3 Plus, akan berjalan mulus pada sistem operasi Android Lollipop yang di optimasi secara khusus agar memiliki kinerja lebih mulus, dan performa lebih smooth saat menjalankan aplikasi ataupun fitur-fitur yang dimiliki Xperia Z3 Plus.

Pemakaian processor Qualcomm MSM8994 Snapdragon 810 membuat performa smartphone ini jauh mengungguli Xperia Z3 generasi pertama yang masih memakai processor 32 Bit Qualcomm Snapdragon 801. Kecepatannya bahkan 2 kali lipat, karena processor Snapdragon 810 sudah didukung teknologi arsitektur 64 Bit yang membuatnya memiliki peforma lebih cepat, dan tetap efisien pemakaian daya baterai. Selain itu, kinerja grafisnya juga jauh lebih baik karena sudah terintegrasi dengan GPU Adreno generasi terbaru.

Sebagai salah satu smartphone premium ditahun 2015, sudah pasti harga Sony Xperia Z3 Plus dan Z3 Plus Dual dibanderol sangat mahal. Walaupun harganya diatas rata-rata, namun kualitas yang dimiliki Sony menjadi jaminan smartphone ini tetap laris manis dipasaran, dan bagi anda yang tertarik untuk memilih salah satunya. Silahkan simak informasi Spesifikasi Dan Harga Sony Xperia Z3 Plus yang kami rangkum secara lengkap pada artikel dibawah ini.

Desain Dan Layar


Kemampuan tahan air dan debu berbekal serifikat IP68, masih menjadi andalan Sony untuk smartphone terbarunya. Dengan serifikat tersebut, menjadi bukti bahwa Sony Xperia Z3 Plus mampu diajak berenang pada kedalaman 1.5 Meter selama 30 menit. Agar smartphone ini tahan air, dan debu, Sony membalutnya dengan body metal yang memiliki dimensi 146 x 72 x 6.9 mm. Bentuknya terlihat premium dengan body metal tipis yang dimilikinya, dan terasa ringan karena memiliki berat 144 gram.


Kemudian untuk sektor layarnya, Sony memberikan layar IPS berukuran 5.2 inci dengan resolusi sebesar 1080 x 1920 pixels. Memang cukup disayangkan, layar Xperia Z3 Plus masih menggunakan layar Full HD, bukannya layar Quad HD seperti yang dimiliki smartphone premium buatan Samsung atau LG. Walaupun begitu, layarnya tetap mampu menampilkan beragam konten grafis dengan kualitas gambar yang tajam dan jernih, karena kerapatan pixelnya mencapai ~424 ppi.

Konektivitas


Urusan konektivitas menjadi bagian penting, mengingat harga Sony Xperia Z3 Plus, dan Xperia Z3 Plus Dual dibanderol sangat mahal. Oleh karena itu, Sony memberikan konektivitas 4G LTE berkecepatan 150 mbps, dan jaringan 3G HSDPA berkecepatan 42.2 mbps, agar konektivitas internet smartphone buatannya tak kalah dari smartphone premium lain yang dibanderol setara dengan harga Sony Xperia Z3 Plus. Kemudian sektor berbagai data, ponsel ini dibekali NFC beserta Bluetooth V4.1 yang tergolong sangat cepat dalam mengirim file.

Beralih ke konektivitas nirkabel, sudah tersedia konektivitas Wifi Dual Chanel (Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac) yang terintergasi dengan fitur Wi-Fi Direct, Wi-Fi Hotspot, dan DLNA. Konektivitas yang diberikan memang sangat lengkap, terlebih bagi anda yang membeli Sony Xperia Z3 Plus Dual akan mendapatkan konektivitas Dual Sim yang mempermudah komunikasi sehari-hari. hanya saja harga Sony Xperi Z3 Plus Dual, sudah pasti akan dibanderol lebih mahal dibandingkan versi single sim.

Kemudian untuk navigasinya, smartphone ini dilengkapi GPS berteknologi A-GPS, dan Glonass, sehingga lebih cepat dalam mencari sebuah lokasi. Selain itu, tersedia pula konektivitas pendukung berupa port MicroUSB 2.0 yang didukung fitur MHL 3 TV-out beserta USB Host atau sering disebut sebagai USB-OTG. Berbekal konektivitas yang lengkap, tentu tak sia-sia kita mengeluarkan banyak uang untuk membeli salah satu smartphone premium yang ditawarkan Sony.

Performa


Beralih ke sektor hardware dan sofware, sudah ada processor Octa Core 64 Bit yang berasal dari Chipset Qualcomm MSM8994 Snapdragon 810. Processor Sony Xperia Z3 Plus berpacu pada 2 inti processor Quad Core yang masing-masingnya memiliki kecepatan Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53, dan Quad-core 2 GHz Cortex-A57. Kinerjanya memang terbukti sangat cepat, namun banyak ruor yang menyatakan bahwa processor Snapdragon 810 mengalami masalah overheat atau panas berlebih.

Rumor inilah yang membuat Samsung dan LG tak memakai processor Snapdragon 810 pada smartphone premium buatannya. Untuk mengatasi permasalah tersebut, sepertinya Sony sudah menambal kelemahan processor Snapdragon dengan mengoptimasi sisem operasi Android Lollipop milik Sony Xperia Z3 Plus agar berjalan secara maksimal dan tidak mengalami overheat. Kemudian untuk sektor penyimpanan, Sony memberikan memori internal sebesar 32 GB, dan dapat ditambah microSD mencapai 128 GB.

Kapasitas memory internal yang dimilikinya sudah cukup besar untuk menampung puluhan game-game HD terbaru, dan menjalankan game tersebut dengan lancar, karena sudah didukung Ram 3 GB dan pengolahan grafis Adreno 430. Selain bisa menjalankan game Android, pengguna Xperia Z3 Plus juga bisa menjalankan game Playstation 4 pada smartphone miliknya, dengan memanfaatkan fitur PS4 Remote Play yang tersedia secara khusus untuk smartphone premium buatan Sony.

Kamera

Kamera menjadi kelebihan Sony Xperia Z3 Plus untuk bersaing melawan smartphone premium vendor lain. Sony memberikan kamera beresolusi 20.7 Megapixel dengan sensor Sony Exmor dan aperture F/2.0. Kualitas kameranya memang tak berbeda jauh dari pendahulunya, namun kali ini Sony memberikan sudut pandang lensa lebih lebar mencapai 25 mm untuk menghasilkan foto dengan cakupan objek lebih luas. Selain itu, kameranya juga dilenglapi LED Flash, Autofous, beserta perekam video beresolusi 4K 2160p@30fps, Full HD 1080p@60fps, dan 720p@120fps.

Kemampuan kamera Sony Xperia Z3 Plus memang diatas rata-rata, jadi wajar saja apabila harga Sony Xperia Z3 Plus dibanderol jauh lebih mahal. Apalagi untuk kamera bagian depan, sudah dilengkapi kamera selfie dengan kekuatan 5.1 Megapixel dengan kemampuan merekam video Full HD 1080 pixel, dan sudah dilengkapi lensa wide angle 25 mm. Kamera tersebut akan memanjakan penggunanya saat berfoto selfie, karena mampu menghasilkan sebuah foto dengan tingkat ketajaman tinggi, dan gambar begitu nyata.

Baterai

Sama seperti Sony Xperia Z4 yang dirilis untuk pasar Jepang, Sony Xperia Z3 Plus juga dilengkapi baterai Li-Ion sebesar 2930 mAh. Baterai tersebut tidak bisa kita copot sesuka hati, namun anda tak perlu khawatir karena daya tahan baterainya memiliki waktu bicara selama 17 jam pada jaringan 3G, dan sudah dilengkapi fitur Quick Charge 2.0 yang berfungsi untuk mempercepat baterai secara signifikan, dalam waktu 30 menit untuk mengisi baterai sebesar 60% baterai Xperia Z3 Plus.

Harga Sony Xperia Z3 Plus


Untuk sekarang ini belum ada informasi terkait harga Sony Xperia Z3 Plus ataupun harga Xperia Z3 Plus Dual. Harga kedua smartphone ini, dapat dipastikan cukup mahal karena Sony juga memberikan teknologi layar Triluminos display, dan X-Reality Engine untuk menghasilkan layar super tajam, layaknya perangkat TV buatan Sony yang dikenal memiliki kualitas gambar diatas rata-rata. Selain itu, layarnya juga dberikan lapisan anti gores Scratch-resistant glass beserta oleophobic coating yang semakin menyempurnakan kemampuan Xperia Z3 Plus.


Masih ada beberapa smartphone buatan Sony yang belum dirilis di Indonesia, seperti Sony Xperia M4 Aqua, Xperia C4, dan yang terbaru tentu smartphone Xperia Z3 Plus. Ketiga smartphone tersebut menawarkan harga berbeda-beda sesuai dengan kelas yang dibidiknya, yang termahal tentu saja harga Sony Xperia Z3 Plus karena smartphone ini di tunjukan untuk kelas premium, dan tak menutup kemungkinan Harga Sony Xperia Z3 Plus tersebut bisa mencapai 8 Juta Rupiah keatas.
SHARE

About Jaka's TechnoBytes

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar