Cara Mencegah Masuknya Email Phising di Gmail dengan satu Trik

Mereka yang terbiasa bekerja menggunakan Email untuk berkirim informasi wajib mewaspadai Email Phising. Email Phising adalah suatu metode atau praktek penipuan yang digunakan hacker untuk mencuri informasi pribadi berupa password atau nomor kartu kredit dengan cara mengirim email kepada calon korban dan mengaku berasal dari perusahaan ternama dengan isi email yang berusaha meyakinkan korban agar korban mau memberitahu informasi pribadi korban kepada sang hacker.

Dengan demikian Email Phising cukuplah berbahaya, karena Anda akan dapat kehilangan akun serta data pribadi Anda jika terlanjur tertipu.
dengan kombinasi kewaspadaan dan aplikasi pihak ketiga, tipuan cyber ini umumnya bisa dicegah, adapun untuk pengguna gmail ada satu tips sederhana untuk mencegah email phising ini.

gmail memiliki fitur yang mampu melabeli pesan yang dikirim oleh pengguna email lain, untuk seterusnya dicek dan divalidasi oleh gmail penerima.

Untuk mengaktifkan fitur tersebut, ikutilah langkah-langkah berikut:

Klik ikon pengaturan pada pojok kanan atas halaman gmail anda.


Selanjutnya klik tab "Lab" yang terdiri dari beberapa pengaturan eksperimental gmail, scroll kebawah sampai menemukan setelan "Ikon Autentikasi untuk pengirim yang telah diverifikasi"

Setelah diaktifkan, maka muncul simbol kunci kecil pada email yang sudah diotentikasi oleh gmail, seperti gambar berikut:




Pada gmail, bukalah sebuah email kemudian klik tanda panah kecil dibawah alamat pengirim, kemudian periksalah alamat domain pengirim email, apakah terkait dengan alamat domain email yang sah.


Demikianlah cara mencegah masuknya email phising di gmail, semoga bermanfaat dan terimakasih.

SHARE

About Jaka's TechnoBytes

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar