Cara Mengatasi Masalah Blue Screen of Death Windows 10

Kehadiran Windows 10, ternyata diwarnai dengan beberapa masalah atau bug. Bahkan, PC sampai menunjukkan tampilan Blue Screen of Death atau biasa disingkat dengan BSOD.
beberapa pengguna Windows 10 dikabarkan mengalami kasus Blue Screen of Death (BSOD) error C1900101-20017 selama instalasi Windows 10. BSOD mengakibatkan PC tiba-tiba melakukan restart atau reboot.




Pengguna mendapatkan pesan BSOD yang muncul setelah PC perlu untuk melakukan restart selama upgrade Windows 10. Kemudian, PC kembali restart, menampilkan pesan error dengan kode C1900101-20017.

Tampilan teks di pesan tersebut menunjukkan bahwa installer gagal dalam fase SAFE_OS selama proses boot. isu ini muncul karena pengaturan BIOS yang salah.

Masalah BSOD ini bisa diperbaiki dengan langkah sederhana, yakni dengan mengaktifkan UEFI Boot dari BIOS dan menon-aktifkan semua opsi overclocking untuk prosesor.

Untuk langkah lebih rinci, Anda bisa mengikuti langkah sebagai berikut:


#1. Anda bisa menuju C: > Windows > Software Distribution > Download dan hapus semua file yang tersimpan dalam folder. Hapus juga $Windows.~BT folder yang berada di direktori 'C'.
#2. Anda dapat melakukan clean install Windows 10 menggunakan file ISO Windows 10 dari website resmi Microsoft. Setelah mengunduh file ISO, Anda perlu untuk menciptakan bootable installation media melalui Media Creation tool Microsoft.
#3. Anda menyiapkan drive USB atau DVD untuk proses bootable dan dapat mengakses beberapa pengaturan di menu BIOS. Kemudian reboot, setelah itu Anda bisa menekan tombol F12 atau tombol delete untuk masuk ke menu BIOS.
#4. Pada tampilan menu BIOS, Anda bisa menghilangkan opsi overclocking untuk prosesor. Setelah itu, Anda disarankan untuk mengaktifkan UEFI Boot dari BIOS, yang dapat ditemukan di bawah Boot section dari layar BIOS.
#5. Kemudian, Anda dapat melakukan reboot PC dan masuk ke proses instalasi Windows 10 dari media instalasi yang Anda buat(USB atau DVD). Semoga setelah menerapkan langkah ini, Anda tidak akan lagi menemukan gangguan BSOD.
SHARE

About Jaka's TechnoBytes

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar